Sabtu, 04 Juni 2011

KEBUDAYAAN THAILAND

KEBUDAYAAN THAILAND

Kerajaan Thai yg artinya kebebasan Asal mula Thailand secara tradisional dikaitkan dengan sebuah kerajaan yang berumur pendek, Kerajaan Sukhothai yang didirikan pada tahun 1238. Kerajaan ini kemudian diteruskan Kerajaan Ayutthaya yang didirikan pada pertengahan abad ke-14 dan berukuran lebih besar dibandingkan Sukhothai. Kebudayaan Thailand dipengaruhi dengan kuat oleh Tiongkok dan India Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa
Sebelumnya dikenal dengan nama Siam, negara ini mengganti namanya menjadi Thailand pada tahun 1939 dan untuk seterusnya, setelah pernah sekali mengganti kembali ke nama lamanya pasca-Perang Dunia II. Pada perang tersebut, Kalender Thailand didasarkan pada Tahun Buddha, yang lebih cepat 543 tahun dibandingkan kalender Barat. Tahun 2000 Masehi sama dengan tahun 2543 dalam kalender Thailand.
Pada 26 Desember 2004, pesisir barat Thailand diterjang tsunami setinggi 10 meter setelah terjadinya gempa bumi Samudra Hindia 2004, menewaskan 5.000 orang di Thailand, dan setengahnya merupakan wisatawan.Pada awal 2005 terjadi sebuah tragedi di Thailand Selatan yang mempunyai populasi dengan mayoritas Muslim. Sekitar 70 orang terbunuh akibat kekerasan yang dilakukan oleh rezim Shinawatra. Banyak negara yang mengecam keras tragedi ini. Namun dalam pemilihan kepala pemerintahan, Thaksin Shinawatra kembali memerintah negara ini untuk empat tahun berikutnya.
Secara geografis, Thailand terbagi enam: perbukitan di utara di mana gajah-gajah bekerja di hutan dan udara musim dinginnya cukup baik untuk tanaman seperti strawberry dan peach; plateau luas di timur laut berbatasan dengan Sungai Mekong; dataran tengah yang sangat subur; daerah pantai di timur dengan resor-resor musim panas di atas hamparan pasir putih; pegunungan dan lembah di barat; serta daerah selatan yang sangat cantik.

KEBUDAYAAN THAILAND
Muay Thai, sejenis kickboxing ala Thailand, adalah olahraga nasional di Thailand dan merupakan seni beladiri setempat. Popularitasnya memuncak di seluruh dunia pada tahun 1990-an.
Ucapan penyambutan yang umum di Thailand adalah isyarat bernama wai, yang gerakannya mirip dengan gerakan sembahyang. Hal-hal yang tabu dilakukan di antaranya menyentuh kepala seseorang dan menunjuk dengan kaki, karena kepala dan kaki masing-masing merupakan bagian tubuh yang paling atas dan bawah.
Masakan Thailand mencampurkan empat macam rasa yang dasar: manis, pedas, asam dan asin.


Kebudayaan Đông Sơn adalah kebudayaan zaman Perunggu yang berkembang di Lembah Sông Hồng, Vietnam. Kebudayaan ini juga berkembang di Asia Tenggara, termasuk di Nusantara dari sekitar 1000 SM sampai 1 SM.
Masyarakat Dongson adalah masyarakat petani dan peternak yang handal. Mereka terampil menanam padi, memelihara kerbau dan babi, serta memancing. Mereka agaknya menetap di pematang-pematang pesisir, terlindung dari bahaya banjir, dalam rumah-rumah panggung besar dengan atap yang melengkung lebar dan menjulur menaungi emperannya. Selain bertani, masyarakat Dongson juga dikenal sebagai masyarakat pelaut, bukan hanya nelayan tetapi juga pelaut yang melayari seluruh Laut China dan sebagian laut-laut selatan dengan perahu yang panjang.


Benda-benda arkeologi dari Dongson sangat beraneka ragam, karena mendapat berbagai macam pengaruh dan aliran. Hal tersebut nampak dari artefak-artefak kehidupan sehari-hari ataupun peralatan bersifat ritual yang sangat rumit sekali. Perunggu adalah bahan pilihan. Benda-benda seperti kapak dengan selongsong, ujung tombak, pisau belati, mata bajak, topangan berkaki tiga dengan bentuk yang kaya dan indah. Kemudian gerabah dan jambangan rumah tangga, mata timbangan dan kepala pemintal benang, perhiasan-perhiasan termasuk gelang dari tulang dan kerang, manik-manik dari kaca dan lain-lain. Semua benda tersebut atau hampir semuanya diberi hiasan.

Orang thailand byasa saling menyapa dengan kata Sawadee, dan bukan berjabat tangan, mereka meletakkan telapak tangan mereka bersama-sama dalam gerakan doa-suka dan busur sedikit. Mereka saling Menyapa gerakan ini disebut Wai. Jika Anda akan disambut dengan Wai Anda harus membalas dengan gerakan yang sama, meskipun tidak perlu mengembalikan Wai untuk anak. Salah satu hal pertama yang Anda ingat ketika Anda mengunjungi Thailand adalah akal melekat rakyat Thailand tentang main-main dan sifat gembira ringan. Sanuk adalah kata Thailand untuk bersenang-senang, dan layak melakukan apapun Thailand berpikir tentang masa depan mereka, mereka optimis. Ketika Thailand Orang berpikir Tentang Masa Depan mereka, mereka optimis. Jika mereka tidak begitu bahagia sekarang, mereka percaya bahwa mereka yakin berada di kehidupan berikutnya mereka Seorang pria sopan di Thailand tidak akan menyentuh wanita. Seorang Pria Sopan di Thailand regular tidak akan menyentuh wanita.

Waktu
Jam di Thailand sama persis dengan Indonesia (GMT +7).

Iklim
Thailand memiliki iklim tropis dengan musim semi dari Maret sampai Mei, musim hujan tetapi banyak matahari - di Juni sampai September, dan musim dingin dari Oktober sampai Februari.

Agama
Buddha Theravada adalah agama yang dianut lebih dari 90% penduduk Thai yang religius. Thailand juga sangat mendukung kebebasan beragama, dan terdapat umat Muslim, Kristen, Hindu dan Sikh yang bebas menganut agamanya di Thailand. Meskipun bahasa Thai hampir tak dapat dimengerti oleh wisatawan, namun bahasa Inggris dipahami luas di tempat-tempat utama seperti Bangkok, dan juga menjadi bahasa bisnis resmi di sana. Nama-nama jalan menggunakan bahasa Inggris di bawah bahasa Thai.

HARI RAYA THAILAND

Tahun Baru orang Thailand
Tahun baru Thailand kuno adalah Hari Sung Kan, juga dinamakan Hari Memercikkan Air karena pada pertengahan April seluruh negeri mengibarkan bendera negara, memandikan Budha, memandikan biksu, memercikkan air tanda hormat kepada yang lebih tua, dan mendoakan keselamatan. Makna yang utama adalah berterima kasih dan mengingat budi orang-orang yang telah berbuat kebajikan kepada masyarakat; yang kedua berbakti kepada leluhur; yang ketiga adalah mengingat tanggung jawab kita terhadap keluarga; menghormati kepada agama Budha dan para biksu; terakhir berperilaku royal dan pengasih. Hari Memercikkan Air dilakukan setahun sekali pada tanggal 13 – 15 April. Kegiatan pertama adalah memanjatkan doa yang dilakukan pada dini hari., pemuda pemudi berbaris memberi hormat kepada yang lebih tua untuk mendapatkan doa selamat untuk tahun depan. Dalam 3 hari ini, seluruh negeri sangat ramai karena diadakan perayaan besar dan pemilihan Ratu Sung Kan. tempat yang paling ramai adalah Lapangan Huang Chia Tien (Sawah Keluarga Raja) yang ada di lingkungan istana, orang-orang menggunakan pistol air, topeng dan selang air, ada yang bukan hanya basah, tapi seluruh badan dan wajahnya penuh dengan bedak putih.

BAHASA
Meskipun bahasa Thai hampir tak dapat dimengerti oleh wisatawan, namun bahasa Inggris dipahami luas di tempat-tempat utama seperti Bangkok, dan juga menjadi bahasa bisnis resmi di sana. Nama-nama jalan menggunakan bahasa Inggris di bawah bahasa Thai.
Satu keunikan yang kami temukan adalah adanya kemiripan dengan bahasa Indonesia yang berasal dari Sansekerta, seperti 'putra', 'putri', 'suami', 'istri', 'singa', 'anggur', dan sebagainya. Selain itu, biro penerjemahan juga banyak tersedia, baik untuk bahasa Thai, Inggris, dan Indonesia.

Formalitas
Warganegara Indonesia dengan tujuan liburan bebas visa selama 30 hari ke Thailand.

Keuangan
Mata uang Thailand adalah Baht, yang pada saat website ini dibuat setara dengan Rp 270. Bank-bank dan tempat penukaran mata uang banyak tersedia di Thailand. Hotel, toko dan restoran utama menerima kartu kredit internasional seperti Visa, Master Card, American Express dan Diners.

Transportasi
Bandara internasional Bangkok adalah Don Muang, yang terhubung dengan berbagai penerbangan dari seluruh penjuru dunia. Anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke seluruh dunia melalui Don Muang. Selain itu, juga terdapat bandara internasional di Phuket, Hat Yai, dan Chiang Mai di utara Thailand.
Kereta api tersedia dari Singapura dan Kuala Lumpur. Di laut, banyak kapal berlayar menuju Thailand, misalnya cruise ship Star Virgo yang singgah di Phuket.


KOMENTAR : 
Saya berkomentar tentang sebuah negara tetangga kita yang memiliki wajah yang tidak jauh berbeda dengan kita di negara indonesia. thailand sebuah negara yang hingga saat ini blm maju seperti negara-negara tetangga lainnya. 




http://id.wikipedia.org/wiki/thailand



NAMA        : ILYAS GINANJAR
NPM           : 19110442
KELAS       : 1KA04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar